Materi Tik Kelas VII : Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Istilah teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri dari kata teknologi, informasi, dan komunikasi. Teknologi dapat diartikan sebagai hasil budaya (kreasi dan inovasi) manusia yang dapat mempermudah proses aktivitas kehidupannya. Informasi dapat diartikan sebagai hasil pengolahan data yang dapat memberikan manfaat kepada manusia. Data yang dimaksud di sini adalah kumpulan fakta mentah yang ada dalam kehidupan. Data mencerminkan segala kejadian yang ada di dunia. Bentuknya bisa berupa simbol - simbol, gambar, kata - kata, angka, huruf - huruf, id, objek, dan sebagainya. Data baru bisa menjadi informasi apabila sudah diolah dan disajikan sehingga bisa dimengerti oleh orang yang menerimanya. Komunikasi didefinisikan sebagai suatu proses penyampaian pesan, ide, gagasan dari suatu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa teknologi informasi berarti teknologi yang memungkinkan untuk menghadirkan, memanipulasi, dan mengelola informasi. Sedangkan teknologi komunikasi bisa diartikan sebagai teknologi yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan sesamanya. Teknologi ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainnya.

Pada teknik penyiaran televisi misalnya, data berupa gambar dan suara diolah melalui alat - alat perekam dan pemancar kemudian ditayangkan sebagai informasi sebagaimana terlihat di layar televisi di rumah. Informasi yang sangat beragam jenisnya diterima oleh pemirsa sehingga menimbulkan reaksi, bisa berupa reaksi yang berkaitan dengan perasaan hingga reaksi terapan berupa perilaku atau tindakan. Maka, terjadilah proses komunikasi melalui teknologi, dalam hal ini televisi.