Perangkat Masukan (Input Device)

Alat untuk memasukan data atau perintah serta mengubah data dari sumber/ dokumen ke bentuk yang dapat diterima system computer di sebut input device, dapat berupa signal input atau maintenance input. Didalam system computer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam system computer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk berupa prigram yang di gunakan untuk mengolah data yang dimasukan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alt input dan sekaligus sebagai alat output. Alt yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan ke system computer dengan menggunakn kabel langsung atau lewat alt komunikasi.
Peralatan yang hanya berfunsi sebagai alt input dapat digolongkan menjadi dua, yaitu alt input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung adalah alat yang inputnya langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alt input tidak langsung melalui media tertentu sebelum diproses.
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (key board), pointing device (misalnya: mouse, touch screen, ligh pen, digitizer graphics tablet), scanner(misalnya: magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya: digitizing camera), voice recognizer(misalnya: microphone). Sedangkan alt input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card(kartu pelubang), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita(tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key0to-disk yang merekam data ke media magnetic disk(misalanya: disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.