Pengertian Komputer

Computer adalah suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersamama-sama, dapat melakukan rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi/ program yang di berikan kepada computer, dan merupakan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu. Istilah computer diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung(to compute atau reckon).
Supaya computer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu system yang disebutdengan system computer. Secara umum, system terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari system tersebut.
Tujuan pokok dari system computer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu di dukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hard ware), perangkat lunak (soft ware), dan brainware. Perangkat keras adalah seluruh komponen yang membentuk suatu system computer dan peralatan lainnya yang memungkinkan computer dapat melaksanakan fungsinya. Perangkat lunak adalh program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu. Sedangkan manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur system kompute disebut brainware.