Pengertian Software

Software adalah perangkat intelektual yang berhubungan dengan program computer yang digunakan untuk memerintahkan computer bekerja sesuai dengan keinginan pengguna. Istilah “lunak” dapat diartikan karena sifatnya yang berupa peralatan fisik, tidak terlihat namun dapat dilihat dari hasil kerjanya. Secara umum perangkat lunak computer (soft ware) dapat dibagi menjadi dua yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak system dapat dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Sistem Operasi,
Merupakan program awal yang mengendalikan system kerja computer yang mendasar, yaitu mengatur kerja input, proses, dan output termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesor. System operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Contoh system operasi: DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s Sistem 7, Linux..

2. Bahasa Pemrograman
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan computer, contoh bahasa pemrograman diantaranya: Dbase, Pascal, BASIC, C ++, FORTRAN.

3. Sistem Utility
Merupakan software program bantu berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan computer, misalnya memfomat disket, mengkopi data, mengkompres file, dan lain-lain. Contoh system utility adalah Norton Utility.